Rabu, 31 Oktober 2018

Geopark Ciletuh: Pantai Palangpang, Ciwaru, Teluk Ciletuh

Lama tidak bersua,
Kau tetap bersenyum,
Memberi jiwa, memberi hati,
Alamimu
Meski potret keburaman masih bernoktah
“…….
Cimarinjung jiga nu nguyung
Palangpang nu matak salempang
……..”
#CountryRoad #Palangpang
Hamparan pasir di Pantai Palangpang. Diujung adalah Curug Cimarinjung.
#CountryRoad #Palangpang
Pasang naik, 100an meter dari garis pantai cuma sepinggang orang dewasa. Ombak kecil dengan dasar pasir. Cocok juga untuk kegiatan keluarga, termasuk relatif aman untuk berenang anak-anak.
Penginapan: Sudah tersedia beberapa villa/penginapan yang disewakan
#CountryRoad #Palangpang
Curug Cimarinjung, sekitar Pantai Palangpang, Ciwaru, Teluk Ciletuh
Akses: Jalan kaki (sekitar 100 meter dari penghentian sepeda motor atau 300 meter dari penghentian mobil) melalui pematang tembok jalur irigasi, sekitar 5-10 meter ada celah cukup sempit diantara bebatuan tapi cukup mudah dilalui
Kondisi jalan: dari pantai sudah beraspal, sisanya jalan berbatu yang sudah bercampur tanah
Jarak: sekitar 1 km dari penginapan/villa terdekat
Bisa mengambil foto dari beragam sisi dengan latar belakang air terjun; selain view ke air terjun, arah sebaliknya adalah view ke pantai; bebatuan dilapisi oleh endapan tanah bekas banjir sehingga bisa sangat licin di musim hujan; air agak keruh kecoklatan karena di hulu sungai ada galian tanah.
Biaya: masuk tanpa biaya; parkir motor Rp 3.000
#CountryRoad #Palangpang
#CountryRoad #Palangpang
Curug Cikanteh yang bersambung dengan Curug Kembar, sekitar Pantai Palangpang, Ciwaru, Teluk Ciletuh
Akses: Kendaraan bermotor bisa sampai di pinggir Curug Kembar tapi harus berjuang menaklukkan tanjakan terjal untuk sampai di Curug Cikanteh.
Kondisi jalan: jalan berbatu yang sudah diratakan sampai dengan pinggir curug.
Jarak: sekitar 4-5 km sebelum pantai; sekitar 1 km dari pusat desa Ciwaru.
Biaya: Tiket masuk Rp 5.000 (sudah termasuk biaya parkir motor).
#CountryRoad #Palangpang
Wilayah muara sungai Ciletuh dengan Pulau Mandra di depannya. Tempat bagus untuk kegiatan memancing di pantai.
Agak jauh di depan adalah gugusan karang-karang. Pada kondisi surut, menyeberang ke Pulau Mandra bisa dilakukan dengan berjalan kaki.
#CountryRoad #Palangpang
#CountryRoad #Palangpang
Pada saat musim ikan, daerah ini dikenal sebagai penghasil ikan teri olahan dan ikan-ikan segar lainnya. Cocok untuk oleh-oleh atau dinikmati di tempat. Kalau sedang tidak musim, harga ikan cukup mahal.
#CountryRoad #Palangpang
#CountryRoad #Palangpang
Foto GEOMAGZ Majalah Geologi Populer #CountryRoad #Palangpang
Akses wilayah:
Dari Sukabumi atau Jakarta ambil arah ke Pelabuhan Ratu (Alternatif: dari Sukabumi langsung ke arah Jampang Kulon via Bojong Lopang). Menjelang kota Pelabuhan Ratu, di daerah Jembatan Bagbagan, ambil kiri ke arah Jampang Kulon atau Ciemas. Ada dua alternatif:
  1. Via Paltilu: Di daerah Cigaru/Paltilu (terdapat pemancar relai TVRI dan beberapa menara seluler), ambil kanan ke arah Ciemas/Taman Jaya. Ikuti terus jalur utama. Sampai di Taman Jaya (pusat Kecamatan Ciemas; hati-hati jangan sampai tertukar dengan kampung Ciemas yang akan terlewati sebelumnya) ambil kanan ke arah Ciwaru/Palangpang. Setelah melewati turunan yang curam, akan ditemukan persimpangan, tapi keduanya akan mengarah bertemu di pusat desa Ciwaru. Lanjutkan terus hingga sampai di Palangpang.
  2. Via Kiara Dua – Waluran: DI daerah Cigaru, ambil arah lurus ke Kiara Dua. Di Kiara Dua, ambil arah kanan ke Waluran / Jampang Kulon. Di Waluran, ambil kanan ke Taman Jaya / Ciemas. Sampai Taman Jaya (Pusat Kecamatan Ciemas), ambil kiri ke arah Ciwaru/Palangpang.
Angkutan umum tersedia dari Sukabumi (elf jurusan Ciwaru) atau dari Pelabuhan Ratu
Daerah Palangpang dikenal sebagai “amfiteater Ciletuh” oleh para geolog Indonesia. Daerah ini termasuk pada zona geopark Pelabuhan Ratu – Ciletuh – Cikaso dan sedang diusulkan untuk mendapat pengakuan sebagai Taman Bumi (Geopark) dari UNESCO
Note:
Karena masih ada spot yang terlewat, nampaknya “Palangpang jilid II” harus segera direalisasikan, termasuk ‘full view” Curug Cikanteh dengan cara memanjat Curug Kembar. Spot lain di sekitarnya, diantaranya Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncakmanik

Curug Awang

Curug Tengah

Curug Puncakmanik
Note:
Foto diambil dari akun pribadi di facebook dan indoorcomunity.
Beberapa foto diambil dari sumber lain: geotrekindonesia, geomagz dan panoramio. Saya hanya menampilkannya dengan menempelkan link dari alamat masing-masing.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

10 top makanan disukabumi

About

Popular Posts

Blog Archive