Rabu, 10 Oktober 2018

               Lapangan Merdeka Sukabumi

Lapangan Merdeka
Foto: Salah satu bagian dari lapang merdeka sukabumi
Ini Sukabumi - Lapangan Merdeka sebagai salah satu ruang terbuka public di kota Sukabumi memang popular dan akrab bagi warga kota. Di mana di tempat inilah berbagai aktivitas warga dilakuakn, baik yang resmi maupun tidak, terencana maupun insidentil, kolektif maupun individual. Segala aktivitas yang memerlukan ruang dan udara terbuka banyak dilakukan di lapangan ini.

Selain digunakan sebagai tempat upacara dan acara-acara resmi oleh
pemerintah maupun pihak sekolah, lapangan ini juga digunakan sebagai tempat kegiatan umum seperti pameran dan pertunjukkan seni. Namun, lapangan ini lebih sering digunakan warga sebagai tempat berolahraga dan bersosialisasi. Selain lapangan terbuka, juga terdapat lintasan lari sepanjang sekitar 400 meter yang mengelilingi lapangan, kemudian terdapat lapangan basket, voli dan bulu tangkis. Lapangan ini terpadu dengan gelanggang olahraga tertutup yanbg terletak di sudut barat daya lapangan, pendopo sebagai tempat acara resmi di sebelah barat dan lapangan olah raga di sebelah barat laut lapangan.

Pintu masuk utama lapangan ini terletak di sebelah di timur yang menghadap ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Dan ada beberapa pintu dan jalan lain yang menghubungkan ke Jalan Veteran di sebelah utara dan dengan Alun-alun di sebelah selatan.

Karena terletak di pusat kota, lapangan ini tak pernah sepi dari aktivitas penduduk. Di hari-hari biasa saat cuaca baik, aktivitas olahraga warga kota dimulai sejak fajar menyingsing sepanjang hari sampai menjelang maghrib di petang hari. Puncaknya adalah pada hari Minggu, ketika warga yang datang bisa berlipat kali mencapai jumlah ribuan orang. Hal itu menarik pedagang untuk menggelar dagangannya, mulai dari makanan sampai tanaman hias.

Sebagai warga Kota Sukabumi, kita patut bersyukur mempunyai ruang terbuka publik yang cukup representatif selain alun-alun. Tak banyak kota seperti Sukabumi yang mempunyai ruang terbuka lebih dari satu, yang lazimnya hanya terdapat berupa alun-alun saja. Sebagai bentuk syukur kita, mari kita turut menjaga lapangan Merdeka supaya tetap bersih dan rapi, sehingga nantinya anak cucu kita pun bisa berolah raga di situ.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

10 top makanan disukabumi

About

Popular Posts

Blog Archive