Minggu, 28 Oktober 2018


Yumm! 9 Wisata Kuliner Terbaik Sukabumi


Kalian mau ke Sukabumi? atau kalian emang lagi di Sukabumi? Mau sedikit jalan-jalan pas malem hari tapi bingung kemananya? Nah, Gloob! punya beberapa rekomendasi wisata kuliner malam di Sukabumi yang kece, enak, dan pastinya terjangkau alias murah to the max. Bisa dibilang, daftar di bawah ini juga merupakan tempat nongkrong favorit anak muda atau wisatawan di Sukabumi.

wisata kuliner sukabumi, wisata kuliner malam di sukabumi, tempat nongkrong di sukabumi, rekomendasi kuliner sukabumi, 

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: De Din

Lokasi Mr. Topi Kitchen: Jl. Sriwidari No. 92, kecamatan Gn. Puyuh, 10 menit dari kantor Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Sukabumi. 
Mr. Topi Kitchen merupakan salah satu bukti bahwa Sukabumi adalah surga wisata kuliner. Unggul di menu steak, Mr. Topi Kitchen selalu ramai dikunjungi wisatawan dalam bahkan luar negeri, dan diklaim sebagai tempat nongkrong favorit di Sukabumi. Citarasa yang dimiliki setiap sajian yang tersedia di Mr. Topi Kitchen terjamin kualitasnya, mengingat bahwa pemiliknya merupakan seorang jebolan ajang memasak terkemuka yang disiarkan oleh stasiun TV swasta nasional.
Menu yang wajib kalian coba dan emang sangat terkenal dari Mr. Topi Kitchen adalah Wagyu Beef, yang mana setiap bahan serta pengolahannya diperhatikan dan dijaga mutunya. Harga: Rp. 30.000-Rp. 100.000/orang. Buka: 12.00 am-22.00 pm. +62 813-8191-1860
wisata kuliner sukabumi, wisata kuliner malam di sukabumi, tempat nongkrong di sukabumi, rekomendasi kuliner sukabumi, 

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: Nunuk Endari & Kakkdr

Lokasi Bubur Ayam Bunut: Jl. Siliwangi No. 93/131, Kecamatan Cikole, hanya 15 menit dari stasiun Sukabumi.
Berawal dari toko kecil yang berdekatan dengan Rumah Sakit Bunut Sukabumi (kini bernama RS. Syamsudin S.H.), wisata kuliner andalan Sukabumi Bubur Ayam Bunut ini sering disebut sebagai legenda bubur ayam di kota Sukabumi. Berdiri sejak awal 80-an, Bubur Ayam Bunut Siliwangi terus berkembang dan semakin dikenal banyak orang. Taburan usus, ati ampela, emping, dan telur muda sebagai topping adalah hal yang akan membakar selera makan siapa pun yang datang.
Keroket kerap kali dijadikan menu tambahan oleh banyak pengunjung setia Bubur Ayam Bunut Siliwangi. Bukan hanya itu, Bubur Ayam bunut Siliwangi juga menyediakan menu lain yang tentunya masih berkaitan dengan makanan khas Sunda seperti sop buntut, ayam penyet, dan nasi timbel. Harga: Rp. 10.000-Rp. 60.000/orang. Buka: 06.00 am-22.00 pm. +62 266 221325
_________

Baca juga: Makan Ini Biar Kuat Mendaki Gunung!

_________
BANDROS ATTA 

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: kompaswisata & Twidharyoko

Lokasi Bandros Atta: Jl. Gudang, kebonjati, kecamatan Cikole, hanya 10 menit dari stasiun Sukabumi.
Nah, ini wisata kuliner Sukabumi yang murah tapi rasanya mantap: bandros. Bandros merupakan kue yang berbahan dasar tepung beras, kemudian dipadukan dengan kelapa parut dan santan. Kue ini memiliki rasa yang relatif manis, namun nggak akan membuat kalian mual. Tekstur kue yang dijual di Bandros Atta ini sangat lembut, padat, dan yang paling penting penyajiannya selalu hangat.
Dengan tersedia varian rasa seperti cokelat, strawberry, vanila, dan keju, Bandros Atta sangat cocok dimakan dengan minuman pelengkap seperti kopi, teh, susu, atau pun air jeruk hangat. Selain bandros, disini kalian juga bisa nikmatin menu lain yang juga menjadi andalan, yakni telur ayam kampung yang dimasak setengah matang. Harga: Rp. 8.000-Rp. 15.000/orang. Buka: 20.30 pm-06.00 am.
wisata kuliner sukabumi, wisata kuliner malam di sukabumi, tempat nongkrong di sukabumi, rekomendasi kuliner sukabumi, 
UDIN RAMEN

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: Nur Syafitri

Lokasi Udin Ramen: Jl. Arif Rahman Hakim No. 85, Kecamatan Warudoyong, 10 menit dari Masjid Agung kota Sukabumi.
Ramen menjadi salah satu menu yang banyak digemari  di Sukabumi, terutama di Udin ramen ini. Selain citarasa ramen yang sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia, kalian juga bisa memilih tingkat kepedasan sajian yang akan kalian santap. Nggak tanggung-tanggung, ada 15 tingkat kepedasan ramen yang bisa kalian cicipi.
Belum selesai disitu, ramen yang tersedia di Udin Ramen ini pun memiliki aneka jenis pilihan rasa, seperti ramen kari ayam, ramen kuah kari, ramen tomyam, ramen kungpao, bahkan ada yang bernama ramen gozila. Meski pun tata ruangnya sederhana, namun kenyamanan dan kebersihan tempat untuk para pelanggan tetap dijaga. Maka dari itu, banyak banget anak muda Sukabumi yang ngejadiin Udin Ramen ini sebagai tempat nongkrong mereka. Harga: Rp. 10.000-Rp. 40.000. Buka: 10.00 am-22.000 pm. +62 266 210298

PISCOK CAKRA

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: Han Fauziyah

Lokasi Piscok Cakra: Jl. Ahmad Yani no. 2, kecamatan Cikole, hanya 3 menit berjalan kaki dari Masjid Agung kota Sukabumi. 
Sesuai dengan jargonnya “cokelatnya pecah di mulut”, Piscok Cakra bener-bener memiliki sajian yang sempurna! Pisangnya dimasak hingga teksturnya lembut, yang kemudian ditaburkan parutan keju dan cokelat cair, membuat rasa manisnya semakin mengigit lidah. Jika kalian ingin menikmati kenikmatan pisang seutuhnya, ada juga versi orisinil.
Dengan harga murah namun citarasa terbaik, wisata kuliner Sukabumi satu ini sering dijadikan cenderamata oleh banyak wisatawan yang hendak pulang dari Sukabumi. Salah satu bukti nyata tingginya permintaan masyarakat terhadap makanan yang satu ini adalah, cabangnya bukan hanya ada di Sukabumi, tapi juga ada di Bogor dan Jakarta. Bagi kalian yang berdomisili di Jabodetabek dan ingin merasakan pesona rasa Piscok Cakra, kalian bisa menyambahi gerainya di Jl. Raya Cikaret, Cibinong, untuk Bogor, dan Jl. Baung III No. 13, Pasar Minggu, untuk Jakarta. Harga: Rp. 8.000-Rp. 20.000. Buka: 10.00 am-21.00 pm.

MAMIH UNGU

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: Tony Arbianto

Lokasi Mamih Ungu: Jl. Brawijaya No. 16, Kecamatan Gn. puyuh, hanya 10 menit dari stasiun Sukabumi. 
Wah, ini tempat nongkrong di Sukabumi yang wajib kalian singgahi, kenapa? Karena ada satu menu yang paling menjadi unggulan di Mamih Ungu Cafe & Resto, yakni nasi uduk. Mmm, kok nasi uduk? Emang campurannya nggak terlalu berbeda dengan nasi uduk pada umumnya, seperti ayam kampung goreng, urap, sambal, kentang, dan telur dadar. Namun, yang membuat nasi uduk ini sangat spesial ada pada warna nasinya itu sendiri.
Nasi uduk di Mamih Ungu Resto & Cafe ada yang berwarna ungu dan juga hijau. Warna yang diperoleh bukan dari bahan kimia, melainkan dari saripati ubi dan buah bit. Jadi, bukan hanya menarik di tampilan, rasa nasi uduk olahan Mamih Ungu pun berbeda dengan yang lain, maka dari itu tempat makan ini sangat populer khususnya bagi wisatawan yang tengah melancong ke Sukabumi. Harga: Rp. 20.000-Rp. 29.000. Buka: 10.00 am-22.00 pm. +62 266 210175
________

Baca juga:Kopi dan Traveling Ternyata Nggak Selalu Akur

________
KAZOKU TEI

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: Kcute & Devi Setiawan

Lokasi Kazoku Tei: Jalan Selabintana No.36, Kecamatan Cikole, 10 menit dari RSUD Syamsudi S.H.
Menjadi salah satu restoran Jepang terkemuka yang ada di Sukabumi, Kazoku Tei memiliki dekorasi ruangan yang ceria, modern, minimalis, dan tentunya terdapat sentuhan Negeri Sakura. Kenyamanan pelanggan sangat dijaga. Hal itu bisa dilihat dari taman hijau di area tengah, hingga penataan toilet serta kebersihannya.
Selain itu, menu yang tersedia di Kazoku tei juga tergolong lengkap. Makanan-makanan khas Jepang seperti ramen, teppanyaki, shabu-shabu, donburi, sashimi, sushi, udon, hinnga yakitori dapat kalian pesan disini. Wisata kuliner Sukabumi satu ini emang nggak Indonesia banget, tapi kalo kalian udah nyicipin, pasti langsung sayang! Chicken Mozaru adalah menu yang wajib kalian pilih saat berkunjung ke Kazoku Tei. Daging ayam dan nasi yang dilapisi keju kemudian dibakar secara bersamaan akan membuat selera makan kalian semakin buas. Harga: Rp. 30.000-Rp. 130.000. Buka: 11.00 am-23.00 pm. +62 266 7162111
wisata kuliner sukabumi, wisata kuliner malam di sukabumi, tempat nongkrong di sukabumi, rekomendasi kuliner sukabumi, 
BUTLER BAR & BISTRO 

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: Ipan Sopian

Lokasi Butler Bar & Resto: Jl. Siliwangi No.111, Kecamatan Cikole, 5 menit dari RSUD Syamsudi S.H.
Wah, ini sih udah jelas tempat nongkrong anak muda terbaik di Sukabumi! Dengan tata ruang yang bertema modern-retro, banyak pernak-pernik yang cukup menyita perhatian seperti foto-foto lawas, patung dinding, dan motor klasik. Baik indoor mau pun outdoor, kebersihan yang ada sangat dijaga dan apik.
Areanya pun luas, cocok untuk berkumpul dengan jumlah orang lebih dari 5. Diantara banyaknya makanan yang ada, Lasagna Roll adalah menu yang harus kalian cicipi. Dengan bentuk yang lebih menyerupai hot dog, Lasagna Roll yang di bagian tengahnya terdapat daging cincang ini akan ditaburin keju kering serta krim gurih di atasnya. Belum lagi jika ditambahkan saus, makanan bertekstur lembut ini akan semakin terasa nikmat dan menyegarkan. Harga: Rp. 25.000-Rp. 120.000. Buka: 11.00 am-23.00 pm (Senin-Jumat), 11.00 am-24.00 pm (Sabtu-Minggu). +62 266 2643639
wisata kuliner sukabumi, wisata kuliner malam di sukabumi, tempat nongkrong di sukabumi, rekomendasi kuliner sukabumi, 

Wisata Kuliner Sukabumi
Foto: A Bowl of Clover

Lokasi Praline Sukabumi: Jl. Surya kencana No. 82, Kecamatan Cikole, 5 menit dari RSUD Syamsudin S.H.
Kalo Butler Bar kurang, masih ada satu tempat nongkrong favorit anak muda kece di Sukabumi yang wajib kalian coba, yakni Praline. Premium kafe terus masuk ke Sukabumi. Praline Coffee Shop & Patisserie adalah buktinya. Dengan dekorasi ruangan yang modern, tempat hangout yang satu ini sangat memperhatikan kenyamanan pelanggannya saat berkunjung.
Dengan sedikit sentuhan elegan-klasik, baik area outdoor mau pun indoor sangat ditata begitu rapih dan apik. Selain unggul di kopi, Praline Coffee Shop & Patisserie juga menyediakan beragam western food seperti pizza, spaghetti, hingga steak. Diantara banyaknya menu yang terpampang, ada satu yang bercitarasa segar, mengagetkan, dan tentunya patut kalian coba yakni Whitey (signature menu). Harga: Rp. 25.000-Rp. 100.000. Buka: 10.00 am-22.00 pm. @pralinecoffees

Tempat nongkrong atau wisata kuliner baik untuk siang maupun malam hari di Sukabumi gampang dicari, kok! Selain punya rasa hidangan yang menggelegar, kebanyakan juga harganya murah. Buat kalian yang belum pernah sekali pun nyobain aneka wisata yang ada di Sukabumi, percayalah, hidup kalian nggak se-seru yang kalian pikir. Adios and have a nice day, Gloobers!

wisata kuliner sukabumi, wisata kuliner malam di sukabumi, tempat nongkrong di sukabumi, rekomendasi kuliner sukabumi, 

Biaya dan Akses/Cara Menuju Sukabumi

KERETA
Terutama bagi kalian yang tinggal di Jabodetabek, moda transportasi ini adalah pilihan yang nguntungin. Kalian harus menuju Stasiun Paledang, sebuah stasiun kereta api yang berdekatan dengan stasiun utama Bogor dan menjadi satu-satunya stasiun yang digunakan untuk keberangkatan menuju Sukabumi. Stasiun Paledang sendiri berada tepat di seberang stasiun Bogor, 5 menit berjalan kaki. Kereta Api Pangrango yang melayani Bogor-Sukabumi dan sebaliknya tersedia dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Harga tiket kereta Bogor-Sukabumi adalah Rp. 20.000/orang. Pemesanan tiket dapat melalui www.tiket.kereta-api.co.id
BUS
Dari Jakarta, ada beberapa terminal yang tersedia angkutan dengan tujuan Sukabumi, antara lain Terminal Kali Deres, Terminal Pulogadung, dan Terminal Lebak Bulus. Ada juga dari Terminal Depok. Beda penyedia jasa angkutan, beda harga. Seperti PO. Parung Indah yang dibandrol dengan harga Rp. 30.000/orang, sedangkan PO. Langgeng Jaya Rp. 25.000/orang, dan PO. Tunggal Jaya Rp. 28.000/orang. Berbeda dengan Depok dan Jakarta, keberangkatan dari Terminal Baranangsiang, Bogor, jauh lebih murah, yakni Rp. 20.000/orang.
KENDARAAN PRIBADI
Menggunakan kendaraan pribadi bukan pilihan yang buruk. Selain lebih praktis, dengan membawa kendaraan pribadi juga dapat menghemat biaya. Kalian hanya tinggal mengikuti Jl. Raya Ciawi-Sukabumi selama 3 jam (jika lancar), hingga akhirnya kalian disambut dengan papan jalan bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Sukabumi”.

Transportasi di Sukabumi

ANGKOT
Untuk menuju beberapa area pusat kota Sukabumi seperti Cikole atau Cibeureum, angkutan umum berupa minivan masih mudah ditemuin (Rp 4.000/orang). Namun, untuk capai beberapa wilayah yang cukup jauh seperti Pelabuhan Ratu, kalian harus naik bus. Bus dari terminal Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu tersedia dari jam 5 pagi hingga 6 sore dengan harga yang berkisar dari Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000/orang.
MOBIL
Kalian bisa sewa mobil buat anter kalian keliling kota Sukabumi. Dengan rata-rata harga Rp. 500.000/12 jam, juga disediain supir. Namun, harga itu di luar biaya bensin atau parkir. Nisa Car Rental: 0812 8079 9229/0857 2323 7111. Sahel: 08567989696.
ANGKUTAN BERBASIS ON-LINE
Perusahaan penyedia jasa angkutan berbasis daring seperti AyoJek bahkan Go-Jek kini udah hadir di Sukabumi. Kalian bisa gunain buat jelajah Sukabumi. Cukup unduh aplikasinya di ponsel cerdas kalian, pilih tujuan, maka mereka akan siap dampingin kalian ke tempat tujuan.
*Informasi terkait tempat yang direkomendasikan dapat berubah sewaktu-waktu.
wisata kuliner sukabumi, wisata kuliner malam di sukabumi, tempat nongkrong di sukabumi, rekomendasi kuliner sukabumi, 


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

10 top makanan disukabumi

About

Popular Posts

Blog Archive