Rabu, 31 Oktober 2018

Obyek Wisata Pantai Karang Hawu Sukabumi - Jawa Barat memiliki sejuta pesona wisata yang tak kalah menarik dengan Jawa Timur. Selain Taman Mini Indonesia Indah yang terkenal, ada satu lagi yang menarik yaitu pantai Karang Hawu di Sukabumi.

Pantai ini merupakan salah satu pantai terkenal di Sukabumi dengan ciri khas tebing yang menjorok ke laut. Disini, anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah, udara sejuk, hamparan pasir yang luas dan lembut. Deburan ombak besar yang menghantam tebing semakin menambah pesona dari pantai Karang Hawu.

Mitos dan Sejarah Pantai Karang Hawu Sukabumi

Hawu dalam bahasa Sunda berarti tungku. Nama pantai Karang Hawu diberikan oleh penduduk karena di pantai tersebut terdapat sebuah karang berlubang-lubang yang menjorok ke laut dan tampak seperti tungku.

Selain asal usul namanya, rupanya pantai Karang Hawu juga terkenal dengan mitosnya yaitu konon katanya karang yang menjorok ke laut tersebut merupakan singgasana Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Laut Selatan. Oleh karena itu, cukup banyak pengunjung yang mencoba mencari berkah dengan mandi atau membasuh muka di cekungan batu karang yang terdapat genangan airnya.

Lokasi Pantai Karang Hawu

Lokasi pantai Karang Hawu dekat dengan kawasan wisata Pelabuhan Ratu yaitu terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Sukabumi berjarak sekitar 73 km.
Keindahan Pantai Karang Hawu
Keindahan Pantai Karang Hawu

Fasilitas di Pantai Kawang Hawu

Di kawasan wisata pantai Karang Hawu Sukabumi sudah ditunjang dengan berbagai fasilitas diantaranya :
  • Hotel/Penginapan
  • Mini Market
  • Warung Makan
  • Warung Telekomunikasi
  • Musholla
  • Tempat Parkir
  • Tempat Penyewaan peralatan Surfing
  • Kios-kios suvenir, buah-buahan dan lainnya

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Karang Hawu

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, diantaranya surfing, berenang, dan memancing, bersantai sambil menikmati pemandangan tebing, jalan-jalan menyusuri pantai dan lainnya.
Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu

Rute Menuju Pantai Karang Hawu

Akses menuju pantai Karang Hawu cukup mudah karena bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum maka bisa dari Terminal Pelabuhan Ratu dengan  waktu tempuh sekitar 20 menit. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi bisa menyesuaikan dengan rute kendaraan umum menuju pantai Karang Hawu.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Hawu

Harga tiket masuk pantai Karang Hawu di Sukabumi yaitu Rp 2.500.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

10 top makanan disukabumi

About

Popular Posts

Blog Archive