Minggu, 04 November 2018

Pesona Wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

  posted in: Jawa BaratSukabumiWisata Alam |  0

Eksotisme Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi, Jawa Barat

Direktori Wisata – Air terjun Sodong indah menarik di tempat wisata alam Ciletuh Geopark Sukabumi Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.
Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi
Curug Sodong adalah salah satu obyek wisata alam air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini tumbuh pepohonan yang hijau dan rindang.
Air terjun yang mendapatkan julukan nama “sodong” ini begitu menarik rasa ingin tahu Direktori Wisata. Setelah mendapatkan informasi dari penduduk setempat nama air terjun Sodong dikarenakan di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”.
Namun informasi lebih lanjut dari warga setempat, air terjun ini memiliki nama lain selain Curug Sodong, yaitu Curug Kembar dan Curug Panganten. Nama tersebut disematkan pada air terjun ini karena memiliki aliran yang serupa atau kembar, dan mirip layaknya sepasang pengantin yang saling berpasangan.
Keunikan dari air terjun ini lainnya adalah hembusan airnya yang cukup kuat, jadi jika sahabat atau pembaca Direktori Wisata Indonesia berada tepat didepan air terjunnya, maka bajumu akan cepat basah. Dan kalau mau main ke lokasi tempat wisata alam curug ini, jangan lupa bawa pakaian ganti untuk ganti baju yang basah dengan yang kering, biar nanti tidak sakit.
Selain terkenal dengan julukan yang menyimpan keindahan pesona Geopark Sukabumi, ternyata Curug Sodong ini memiliki keunikan dari cerita rakyat yang berkembang di masyarakat mengenai air terjun ini. Konon mitos pertama yang Direktori Indonesia dapat, bahwa dahulu ditempat ini sering dipakai untuk mengetes ilmu kanuragan yang telah dipelajari oleh seseorang.
Lanjut informasi……
Mereka yang ingin mengetes ilmu mereka harus memotong-motong bagian tubuhnya menjadi beberapa bagian, tubuh mereka kemudian dihanyutkan dari puncak air terjun. Potongan tubuh tersebut konon akan bersatu kembali saat mencapai dasar air terjun. Dan saat tubuh itu bersatu kembali, maka ilmu yang dipelajari telah sempurna dan berhasil dipelajari.
Terlepas dari kebenaran cerita dari kisah mitos tentang kanuragan di lokasi, kami menyarankan agar sahabat Direktori Wisata sebaiknya jangan melakukan hal ini kalau datang kemari. Lebih enak jala-ajaln dan lihat pemandangan yang indah saja di sekitar obyek wisata Geopark Ciletuh Sukabumi.
Sedangkan untuk cerita mitos yang kedua disebutkan bahwa sepasang kekasih yang belum menikah dilarang untuk berenang di danau kecil dari hasil tumpahan air terjun ini. Jika mitos ini dilanggar maka pasangan kekasih tersebut akan mati tenggelam. Konon hal ini pernah terjadi pada tahun 2000-an.
Lanjut kisah cerita……
Saat itu ada sepasang kekasih yang mencoba berenang di danau kecil Curug Sodong ini tiba-tiba tenggelam dan jasad mereka hilang. Setelah beberapa hari jasad mereka ditemukan tepat dibawah air terjun. Setelah jasad mereka diangkat, esok harinya air terjun tiba-tiba berhenti mengalir dan selama beberapa hari air terjun tersebut mengering seakan tak pernah ada air terjun disana.
Entahlah, kisah dari kisah cerita mitos ini benar atau tidak dari si penjual makanan yang ada di warung sekitar lokasi, bagi kami dan teman-teman yang hadir di sini semua itu hanya semua nasehat kebaikan agar dan para tamu yang berlibur ke lokasi ini agar tetap menjaga prilaku moral yang baik. karena walau bagaimapun juga setiap lokasi memiliki kearifan lokal yang harus kita hormati dan masih dijaga oleh masyarakat penduduk setempat, jadi kita juga tidak boleh ceroboh…..
Untuk obyek wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark sendiri sudah memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet hingga beberapa warung kecil yang menjual beberapa makanan dan cemilan. Namun, ditempat ini belum tersedia musholla di sini. Jadi bagi sahabat Direktori Wisata yang muslim, bisa melakukan ibadah di alam terbuka dengan menyediakan alas yang bersih dan masih suci. Untuk airnya kita bisa ambil disekitar air terjun yang mengalir deras dan bersih.
Sedangkan di area sekitar mushola, kita dapat menyaksikan pesona wisata Sukabumi yang indah dengan bentangan alam luas nan hijau. Bagi sahabat yang membawa kamera bisa berburu foto landscape di lokasi ini.
Untuk masuk kawasan obyek wisata Curug Sodong ini kita dikenakan biaya Rp. 3.000,- / orang. Namun untuk biaya masuk suatu saat dapat berubah diseusaikan dengan kebijakan pengelola setempat ya teman…
Rute Menuju Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa menemukan lokasi dari Ciletuh Geopark, namun letak Ciletuh Geopark ini sangat jauh bila kita bertolak dari arah Kota Bandung atau Kota Jakarta. Dari arah Kota Sukabumi saja menuju ke lokasi kita memerlukan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan. Sedangkan untuk waktu perjalanan yang harus dilalui apabila kita berangkat dari Kota Jakarta atau Bandung waktunya cukup lumayan, yaitu sekitar sekitar 8-10 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan saat dijalan. Sama sih dengan waktu menuju obyek wisata alam Curug Awang Ciletuh Geopark.
Bagi sahabat atau pembaca Direktori Wisata Indonesia yang akan melakukan perjalanan liburan ke lokasi Curug Sodong Ciletuh Geopark, ada baiknya dapat mengatur waktu dan tenaga, jangan lupa sediakan makanan kecil seperti cemilan yang mudah di bawa untuk persediaan selama perjalanan, khususnya air minum. Semoga informasi obyek wisata di Sukabumi ini bisa menjadi alternatif pilihan tempat liburan yang asyik di Sukabumi bersama keluarga dan kerabat ya…[]

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

10 top makanan disukabumi

About

Popular Posts

Blog Archive