Minggu, 04 November 2018

Cikundul, Pemandian Air Panas Memikat di Kota Sukabumi

Ahad 17 Jun 2018 16:21 WIB
Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
Wisata pemandian air panas Cikundul di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi yang menjadi salah satu tujuan favorit warga berwisata di libur lebaran Ahad (17/6).
Wisata pemandian air panas Cikundul di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi yang menjadi salah satu tujuan favorit warga berwisata di libur lebaran Ahad (17/6).
Foto: riga nurul iman/Republika
Pemandaian air panas Cikundul telah ditata menjadi lebih menarik.
REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kawasan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Jawa Barat menjadi salah satu lokasi favorit bagi warga untuk berwisata di momen libur Lebaran. Tempat itu menawarkan pemandangan yang indah karena berada di pinggiran aliran Sungai Cimandiri.
Di kawasan Cikundul itu pula terdapat lokasi pemandian air panas yang dikenal masyarakat. Warga bisa menikmati pemandian air panas alami baik di kolam terbuka maupun di tempat khusus yang tertutup.
Kini pemandian air panas tersebut dikelola secara lebih baik dengan menyajikan sejumlah sarana pendukung. Hal itu seperti terdapat saung atau gazebo yang bercirikan khas sunda dan menghadap langsung ke aliran sungai. Kawasan itu lebih menarik dan berwarna dengan adanya keterlibatan seniman yang menata pemandian dengan artistik seperti melukis bebatuan.
Pembenahan itu membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan pada momen libur Lebaran pada Ahad (17/6). Pada hari ketiga setelah lebaran tersebut banyak warga yang datang ke lokasi tersebut.
"Pemandian air panas ini jadi lebih menarik," ungkap salah seorang pengunjung asal Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Dian Rahma (36 tahun). Ia mengaku lebih memilih ke Cikundul untuk berwisata karena lokasinya dekat dari pusat Kota Sukabumi.
Menurut Dian, ia khawatir bila berlibur ke luar Sukabumi akan mengalami kemacetan. Apalagi di kawasan Cikundul itu pemandangan alamnya cukup indah dan menarik tidak kalah bila dibandingkan dengan obyek wisata lainnya.
Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora) Kota Sukabumi Yudi Yustiawan mengatakan, kawasan Cikundul menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Kota Sukabumi. Kawasan Cikundul masuk dalam kawasan strategis destinasi pariwisata (KSDP) Sukabumi.
Kawasan itu khususnya masuk dalam KSDP Zona 3 yang meliputi kawasan agroeduwisata Cikundul dan pemandian air panas Cikundul. Di mana tema yang menjadi unggulan di kawasan itu yakni wisata alam. Sementara sasaranya yaitu produksi edukasi, konservasi, dan wisata alam yang berbasis pertanian serta wisata alam yang berbasis sumber daya alam air panas.
Lurah Cikundul Kecamatan Lembursitu Agus Heryanto mengatakan, dari pantauannya pada hari ketiga setelah lebaran jumlah pengunjung ke kawasan pemandian air panas Cikundul meningkat. "Pengunjung sangat padat yang datang tidak hanya dari Sukabumi melainkan dari luar juga banyak," ujar dia.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

10 top makanan disukabumi

About

Popular Posts

Blog Archive